Pengertian, Karakteristik, Pemanfaatan, dan Khasiat Rosella

Pengertian Rosella - Rosella atau yang memiliki nama latin hibiscus sabdariffa merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam spesies hibiscus. Negara asal dari rosella ini adalah benua Afrika. Rosella ini merupakan tumbuhan yang bisa hidup di daerah yang memiliki iklim tropis ataupun sub-tropis, dengan ketinggian 10 sampai 600 meter di atas permukaan laut. Bisa hidup dengan sangat optimal jika ditanam pada suhu 20-34 derajat Celsius.
Pengertian, Karakteristik, Pemanfaatan, dan Khasiat Rosella
Tumbuhan rosella ini akan berbunga setelah 2-3 bulan masa tanam. Sedangkan untuk masa panennya sendiri bisa dipetik setelah memiliki umur 5-6 bulan. Cara budidayanya sangatlah mudah, bisa disemaikan secara langsung ataupun juga beli bibit yang sudah tumbuh subur. (Baca juga: Cara Mudah Budidaya Rosella)

Karakteristik rosella
Karakteristik yang dimiliki oleh rosella ini memiliki batang dengan ketinggian 1 sampai 3 meter. Akarnya termasuk Rosella ini termasuk tanaman semusim yang berarti hanya memiliki satu kali masa produktif. Ciri-ciri dari bunga rosella ini kelopaknya memiliki diameter 8-10 cm. Daunnya sendiri memiliki bentuk bulat, bergerigi, dan bertulang menjari. Warna daun dari rosella ini hijau dan memiliki panjang 6-15 cm, sedangkan lebarnya 5-8 cm.

Pemanfaatan rosella
Di negara asalnya, Afrika, rosella ini banyak dimanfaatkan untuk menjadi selai yang memiliki rasa asam manis yang menyegarkan. Di Indonesia sendiri, rosella ini banyak dikonsumsi dalam bentuk kering yang dijadikan teh. Selain dimanfaatkan sebagai selain dan juga teh, rosella ini dijadikan sayuran dan juga obat herbal yang banyak sekali manfaatnya.

Khasiat rosella
Dalam dunia pengobatan, rosella ini banyak sekali manfaat dan kegunaanya, mulai dari yang ringan, sedang, hingga yang berat. Khasiat rosella ini antara lain, mengobati batuk, melancarkan pencernaan, menurunkan demam, meredakan sariawan, untuk menurunkan berat badan, melancarkan peredaran darah, pencegahan kanker, dan juga menurunkan hipertensi.

Kenapa khasiat rosella sangat banyak? Ini karena rosella memiliki kandungan baik yang sangat banyak juga. Contoh gizi baik yang terdapat di dalam rosella ini banyak sekali. Beberapa kandungan baik yang terdapat di dalam rosella ini antara lain kalsium, asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C, protein esensial, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai rosella. Jika Anda tertarik untuk membeli rosella, silahkan Order kepada kami. Dengan hanya menghubungi email: jualrosella@gmail.com, atau no 085646676456 (INDOSAT), 085330265854 (TELKOMSEL), atau juga di 5B62C92D(PIN BBM BARU), An. Mun`im Baihaki.

Tidak ada komentar untuk "Pengertian, Karakteristik, Pemanfaatan, dan Khasiat Rosella"